Tugas-tugas Humas/Public Relation

Tugas-tugas Humas/Public Relation - Hallo sahabat Bacaanlepas, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Tugas-tugas Humas/Public Relation, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Hobi, Artikel Pendidikan, Artikel Umum, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Tugas-tugas Humas/Public Relation
link : Tugas-tugas Humas/Public Relation

Baca juga


Tugas-tugas Humas/Public Relation


Menurut Cutlip et al (2006:39), ada sepuluh kategori pekerjaan pokok humas/public relation, yakni sebagai berikut:

1. Menulis dan mengedit
Menyusun rilis berita dalam bentuk cetak atau siaran, cerita feature, newsletter, korespondensi, pesan website dan pesan media online lain, laporan tahunan dan shareholder, pidato, brosur, film, script slide show, artikel publikasi perdagangan, iklan institusional, dan lain-lain.

2. Berhubungan dengan media dan penempatan media
Mengontak media koran, majalah, suplemen mingguan, penulis freelance, merespon permintaan informasi oleh media, memverifikasi berita dan membuka akses ke sumber otoritas.

3. Melakukan riset
Mengumpulkan informasi tentang opini publik, trend, isu yang sedang muncul,iklim politik dan peraturan perundangan, liputan media, opini kelompok kepentingan dan pandangan-pandangan lain berkaitan dengan stakeholder, mencari database di internet, jasa online, dan data pemerintah elektronik, mendesain riset program, melakukan survei dan menyewa perusahaan riset.


4. Manajemen dan administrasi
Pemrograman dan perencanaan dengan bekerja sama dengan manajer lain; menentukan kebutuhan dan prioritas, mendefinisikan publik, setting dan tujuan, dan mengembangkan strategi dan taktik, menata personel, anggaran, dan jadwal program.

5. Konseling
Memberi saran kepada manajemen dalam masalah sosial, politik, dan peraturan; berkonsultasi dengan tim manajemen mengenai cara menghindari atau merespons krisis; bekerja bersama pembuat keputusan kunci untuk menyusun strategi mengelola atau merespons isu-isu yang sensitif dan kritis.

6. Mengelola acara khusus (special event)
Mengatur dan mengelola konferensi pers, perlombaan-perlombaan, open house, pemotongan pita dan grand opening, perayaan ulang tahun, acara pengumpulan dana, mengunjungi tokoh terkemuka, mengadakan kontes, program penghargaan dan kegiatan khusus lain.


7. Berpidato
Tampil di depan kelompok, melatih orang untuk memberikan kata sambutan dan mengelola biro juru bicara untuk menjelaskan platform organisasi di depan audien penting.

8. Produksi
Membuat saluran komunkasi dengan menggunakan keahlian dan pengetahuan multi media, termasuk seni, tipografi, fotografi, tata letak, perekaman audio, video, dan editing; menyiapkan presentasi audio visual.

9. Training
Mempersiapkan eksekutif dan juru bicara lain untuk menghadapai media dan tampil di hadapan publik. Memberi petunjuk kepada orang lain di dalam organisasi untuk meningkatkan keahlian menulis dan berkomunikasi. Membantu memperkenalkan perubahan dalam kultus, kebijakan, struktur, dan proses organisasi.


10. Kontak
Sebagai penghubung (liaison) dengan media, komunitas, dan kelompok internal dan eksternal lainnya. Sebagai mediator antara organisasi dan stakeholder penting dengan mendengarkan pandangan, menegosiasikan, mengelola konflik, dan menjalin kesepakatan. Sebagai tuan rumah dengan melakukan pertemuan dan jamuan untuk tamu dan pengunjung.


Demikianlah Artikel Tugas-tugas Humas/Public Relation

Sekianlah artikel Tugas-tugas Humas/Public Relation kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Tugas-tugas Humas/Public Relation dengan alamat link https://bacaanlepas.blogspot.com/2017/08/tugas-tugas-humaspublic-relation.html

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Tugas-tugas Humas/Public Relation"

Posting Komentar