Judul : Analisis Jabatan – Definisi, Tujuan, dan Fungsi
link : Analisis Jabatan – Definisi, Tujuan, dan Fungsi
Analisis Jabatan – Definisi, Tujuan, dan Fungsi
Jika beban kerja terlalu banyak, harus dikerjakan dalam waktu yang relatif singkat, dan dikerjakan oleh sedikit orang, tentu saja itu akan memberatkan, hasilnya tidak akan sempurna, dan bahkan mungkin saja tidak akan selesai. Sebaliknya, jika beban kerja sedikit, dikerjakan dalam waktu yang relatif panjang, dan dikerjakan oleh banyak personal, maka tentu saja akan banyak waktu yang terbuang dan tenaga yang menganggur.
Seharusnya, beban kerja untuk 2 orang harus dikerjakan oleh 2 orang. Bukan oleh 1 orang atau 3 oranng. Masalah beban kerja dan jumlah personal yang mengerjakan ini sangat perlu mendapatkan perhatian serius. Oleh karena itulah diperlukan analisis jabatan.
Defenisi Analisis Jabatan
Analisis jabatan dapat diartikan sebagai suatu aktivitas untuk mengkaji, mempelajari, mengumpulkan, mencatat, dan menganalisis ruang lingkup suatu pekerjaan secara sistematis dan sistemik (Sastrohadiwiryo, 2002:127).
Jumlah orang yang diperlukan untuk menyelesaikan jabatan/pekerjaan sama dengan jumlah waktu untuk menyelesaikan jabatan/pekerjaan dibagi dengan waktu yang diberikan kepada satu orang. Analisis jabatan secara sistematik meliputi kegiatan-kegiatan mengumpulkan, mengevaluasi, dan mengorganisasikan pekerjaan/jabatan, dimana
hasilnya meliputi uraian jabatan (job description) dan syarat jabatan (job specification).
Menurut Dessler (2006) analisis pekerjaan merupakan prosedur yang dilalui untuk menentukan tanggung jawab posisi-posisi yang harus dibuatkan stafnya, Analisis pekerjaan memberikan informasi yang digunakan untuk membuat deskripsi pekerjaan (daftar tentang pekerjaan tersebut), dan spesifikasi pekerjaan (jenis orang yang harus dipekerjakan untuk pekerjaan tersebut.
Tujuan Analisis Jabatan
Seharusnya, beban kerja untuk 2 orang harus dikerjakan oleh 2 orang. Bukan oleh 1 orang atau 3 oranng. Masalah beban kerja dan jumlah personal yang mengerjakan ini sangat perlu mendapatkan perhatian serius. Oleh karena itulah diperlukan analisis jabatan.
Defenisi Analisis Jabatan
Analisis jabatan dapat diartikan sebagai suatu aktivitas untuk mengkaji, mempelajari, mengumpulkan, mencatat, dan menganalisis ruang lingkup suatu pekerjaan secara sistematis dan sistemik (Sastrohadiwiryo, 2002:127).
Jumlah orang yang diperlukan untuk menyelesaikan jabatan/pekerjaan sama dengan jumlah waktu untuk menyelesaikan jabatan/pekerjaan dibagi dengan waktu yang diberikan kepada satu orang. Analisis jabatan secara sistematik meliputi kegiatan-kegiatan mengumpulkan, mengevaluasi, dan mengorganisasikan pekerjaan/jabatan, dimana
hasilnya meliputi uraian jabatan (job description) dan syarat jabatan (job specification).
Menurut Dessler (2006) analisis pekerjaan merupakan prosedur yang dilalui untuk menentukan tanggung jawab posisi-posisi yang harus dibuatkan stafnya, Analisis pekerjaan memberikan informasi yang digunakan untuk membuat deskripsi pekerjaan (daftar tentang pekerjaan tersebut), dan spesifikasi pekerjaan (jenis orang yang harus dipekerjakan untuk pekerjaan tersebut.
Tujuan Analisis Jabatan
Analisis jabatan penting dilakukan sebelum diadakan perekrutan tenaga kerja. Ada beberapa manfaat yang diperoleh dengan mengadakan analisis pekerjaan, yang juga merupakan tujuan dari dilakukannya analisis jabatan.
Adapun tujuan analisis jabatan yaitu :
1. Memperoleh tenaga kerja pada posisi yang tepat,
2. Memberikan kepuasan pada diri tenaga kerja,
3. Menciptakan iklim dan kondisi kerja yang kondusif
Disebutkan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2012 Tentang Analisis Jabatan Di lingkungan Kementerian Dalam Negeri Dan Pemerintah Daerah pada BAB II Pasal 3, bahwa tujuan analisis jabatan untuk penyusunan kebijakan program–program seperti:
a. pembinaan dan penataan kelembagaan, kepegawaian, ketatalaksanaan.
b. perencanaan kebutuhan pendidikan dan pelatihan; dan
c. evaluasi kebijakan program pembinaan dan penataan kelembagaan, kepegawaian, ketatalaksanaan dan perencanaan kebutuhan pendidikan dan pelatihan.
Fungsi Analisis Jabatan
Analisis jabatan, di samping menghasilkan uraian dan spesifikasi jabatan, juga memiliki fungsi lain, yaitu :
1. Pengadaan tenaga kerja
Spesifikasi jabatan merupakan standart personilia yang digunakan sebagai pembanding para calon tenaga kerja. Isi spesifikasi jabatan akan memberikan dasar pembentukan prosedur seleksi nantinya.
2. Pelatihan
Isi uraian tugas dan pekerjaan dapat digunakan sebagai dasar untuk mengambil keputusan, khususnya dalam hal program pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia.
Baca juga artikel terkait lainnya:
3. Evaluasi kinerja
Persyaratan-persyaratan dan uraian jabatan dapat dinilai sebagai dasar untuk menentukan nilai pegawai dalam pemberian kompensansi yang layak.
4. Penilaian prestasi
Untuk menentukan apakah pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik maka deskripsi jabatan akan sangat membantu untuk pemilihan sasaran pekerjaan.
5. Promosi dan transfer pegawai
Informasi dan data pegawai akan membantu proses pengambilan keputusan sebagai dasar program promosi dan transfer pegawai.
Demikianlah Artikel Analisis Jabatan – Definisi, Tujuan, dan Fungsi
Sekianlah artikel Analisis Jabatan – Definisi, Tujuan, dan Fungsi kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Analisis Jabatan – Definisi, Tujuan, dan Fungsi dengan alamat link https://bacaanlepas.blogspot.com/2017/05/analisis-jabatan-definisi-tujuan-dan.html
0 Response to "Analisis Jabatan – Definisi, Tujuan, dan Fungsi"
Posting Komentar