Contoh Program Literasi Sekolah dan Format Penilaiannya

Contoh Program Literasi Sekolah dan Format Penilaiannya - Hallo sahabat Bacaanlepas, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Contoh Program Literasi Sekolah dan Format Penilaiannya, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Hobi, Artikel Pendidikan, Artikel Umum, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Contoh Program Literasi Sekolah dan Format Penilaiannya
link : Contoh Program Literasi Sekolah dan Format Penilaiannya

Baca juga


Contoh Program Literasi Sekolah dan Format Penilaiannya

 
Di tengah kancah pendidikan dunia saat ini tingkat literasi Indonesia sangat miris kalau kita segan mengucapkan kata memprihatinkan. Menduduki peringkat ke-60,  jauh berada di bawah negara-negara ASEAN yang lain, Singapura 36, Malaysia ke-53, dan Thailand ke-59.

Padahal anggaran negara untuk bidang pendidikan sangat besar. Namun, rupanya dana yang sangat besar itu tidak diikuti dengan prestasi seperti yang diharapkan. Pendidikan Indonesia masih saja jalan di tempat jika tak ingin dikatakan mundur.

Di sisi lain, pada saat ini pemerintah Indonesia sedang gencar-gencarnya mencanangkan program literasi di semua tingkatan pendidikan di Indonesia. Program ini merupakan kebutuhan mendesak yang harus terlaksana secepatnya oleh semua tenaga pendidik dan juga peserta didik.
 

Realita yang ada saat ini memang sungguh sangat menyedihkan. Siswa tidak mau lagi membaca buku, meskipun itu dipaksa oleh guru, tetap saja mereka mencari alasan untuk tidak membaca. Mereka lebih suka mengganti tugas membaca buku dengan tugas lain.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa, "95% masyarakat Indonesia yang sudah tidak sekolah lagi tidak pernah membaca buku lagi". Ini memang sebuah kenyataan pahit, tapi begitulah adanya.

Meskipun begitu kita tak boleh berputus asa. Pasti ada jalan yang bisa kita tempuh untuk memperbaiki keadaan ini. Program Literasi Sekolah harus semakin digalakkan. Jangan menyerah, kita tak boleh terus-menerus membiarkan anak-anak tidak mau membaca buku, apa pun alasannya siswa, mahasiswa, pendidik, dan semua orang Indonesia harus dibiasakan membaca. Apapun caranya, harus kita temukan.

Baiklah Sahabat Populer, berikut ini penulis tampilkan contoh Program Literasi Sekolah dan Format Penilaiannya yang telah penulis laksanakan. Program ini sudah penulis jalankan sejak 7 tahun yang lalu, bahkan sebelum kurikulum K13 mewajibkan program literasi. Pada awalnya program ini penulis laksanakan hanya karena merasa prihatin melihat siswa yang tak mau membaca buku. Tentu saja ini tidak boleh dibiarkan. Siswa Harus Baca Buku! Suka atau tidak suka, wajib! 
 

Namun, di sini penulis mohon maaf karena menampilkan contoh format dalam bentuk gambar. Karena penulis tak pandai membuat tabel di blog.

Contoh Program Literasi Sekolah
 
Silakan di-klik untuk memperbesar ukuran gambar
Contoh Format Penilaian Program Literasi Sekolah
 
Silakan di-klik untuk memperbesar ukuran gambar
 

Anda boleh meng-copy, mengedit, menambah, atau menguranginya tanpa memberitahu penulis. Silakan dishare jika Anda suka.


Demikianlah Artikel Contoh Program Literasi Sekolah dan Format Penilaiannya

Sekianlah artikel Contoh Program Literasi Sekolah dan Format Penilaiannya kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Contoh Program Literasi Sekolah dan Format Penilaiannya dengan alamat link http://bacaanlepas.blogspot.com/2017/10/contoh-program-literasi-sekolah-dan.html

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Contoh Program Literasi Sekolah dan Format Penilaiannya"

Posting Komentar